KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN BENGKALIS

BENGKALIS DI LANDA KARHUTLA DAN KABUT ASAP DI AWAL TAHUN 2020

Teks foto: KARHUTLA DI BENGKALIS

BENGKALIS, BPBD Kabupaten Bengkalis mengawali tahun 2020 ini dihadapi dengan bencana Karhutla di beberapa titik lokasi di kecamatannya yang berdampak terhadap timbulnya bencana asap di wilayah sekitar karhutla yang terjadi tersebut, karhutla yang terjadi di Kecamatan di wiliyah Kabupaten Bengkalis meliputi di Kecamatan Bengkalis (3 titik Lokasi), Kecamatan Rupat, Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Bandar Laksamana, Kecamatan Rupat dan di Kecamatan Siak Kecil. 

Karhutla di Bengkalis

Berdasarkan surat edaran resmi dari Gubernur Riau menginstruksikan kepada Seluruh Kepala Daerah Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Riau agar dapat menyampaikan dan menghimbaukan kepada seluruh Masyarakat Riau agar tidak dalam hal membuka lahan dengan cara membakar dan berpartisipasi aktif dalam melaporkan kepada perangkat desa setempat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Provinsi dan Kabupaten/kota), Aparat Keamanan apabila menemukan kejadian Karhutla.

Surat Edaran Dari GUBRI Tentang KARHUTLA di Tahun 2020  

Dari laporan yang terhimpun di Pusat Data dan Informasi BPBD Kab. Bengkalis kejadian Karhutla yang melanda Kabupaten Bengkalis di beberapa titik lokasi di Kecamatan pada umumnya struktur jenis tanahnya Gambut dan merupakan lahan kosong (semak Belukar) serta perkebunan milik Masyarakat atau Perusahaan, dan kendala TIM SATGAS KARHUTLA yang dihadapi dalam menanggulangi Karhutla seperti Kencangnya angin, akses menuju lokasi yang sulit dilalui, kondisi cuaca panas, kurang nya sumber air dan alat transportasi yang kurang yang dimiliki oleh TIM RESCUE BPBD Bengkalis.

Di Kecamatan Bengkalis Karhutla terjadi sejak pada Tanggal 03/01/2020 sampai saat berita ini diterbitkan yang tepat berlokasi kejadiaannya di Jalan Kelapa Sari RT 16 RW 08 dan Jalan abdul Azis Desa Pedekik yang diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 3,5 Ha dan radius terpapar kabut asap mencapai 5-6 KM, meluasnya kebakaran tersebut tidak terlepas dari kondisi cuaca yang memasuki musim kemarau yang disertai dengan kencangnya kecepatan angin dan di lokasi berbeda tepatnya di Desa Damai Kecamatan Bengkalis Karhutla terjadi pada Tanggal 07/01/2020 luas lahan kosong (tanah Gambut) belum bisa dipastikan yang terbakar karena padaa saat ini Tim Satgas Masih Berjibaku di lokasi , di Kecamatan Bandar Laksamana pada Tanggal 05/01/2020 karhutla juga terjadi di lokasi Jalan  lingkar Desa Sepahat RT 003 RW 002 yang luas terbakar di perkirakan sekitar 1 Ha di lahan Kosong milik  H. Ali Amran yang mana berdasarkan keterangan didapati bahwa penyebab dari kebakaran tersebut adalah ulah dari orang yang tidak bertanggung jawab dalam mengambil madu lebah dengan cara membakar atau mengasapi sarang tersebut dan pada Tanggal 06/01/2020 Kobaran api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan lahan agar api tidak muncul kembali dan di kecamatan yang sama tepat dilokasi Jalan Arifin Ahmad Desa Sepahat RT.003 RW.002 lahan perkebunan sawet milik Mayarakat atas nama Bagong mengalami kebakaran juga dan api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan lahan, di Kecamatan  Rupat Karhutla juga terjadi pada tanggal 06/01/2020 di lahan masyarakat hutan kolidor L2 Kel.Tanjung kapal Kec. Rupat dengan perkiraan luas terbakar 1 Ha dan api berhasil dipadamkan dan saat ini dilaksanakan pendinginan lahan oleh Tim Satgas Karhutla Kec. Rupat.satgas karhutla dalam penanggulangan karhutla

 

Karhutla juga terjadi Di Kecamatan Siak Kecil tepatnya dilokasi Desa Lubuk Gaung Dusun Bandar Sari RT.021 RW.011 Lahan Tanah Gambut perkebunan sawit milik Antonius Karo-karo diperkirakan terbakar mencapai 2 Ha dan samapai saat ini masih dilakukan pemadaman dan pendinginan lahan yang mana memasuki hari ke 3 dalam proses penanggulangan karhutla dan pada Tanggal 06/01/2020 di Desa Bandar jaya juga terjadi Karhutla dengan perkiraan luas sekitar 1/2 Ha dan api dapat segera dipadamkan oleh Tim BPBD Kecamatan Siak Kecil beserta Satgas Kahutla Kecamatan.

Sebagai Informasi Pemkab Bengkalis sesuai intruksi melalui OPD Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah Mendirikan POSKO UTAMA SIAGA KARHUTLA yang berlokasi kan di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Bengkalis di Jalan Ahmad Yani 03 Kel. Kota Bengkalis disamping itu juga di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Bengkalis telah mendirikan POSKO LAPANGAN KARHUTLA sebagai perpanjangan tangan dari Posko Utama. Yang mana Satgas Gabungan terdiri dari BPBD KAB. BENGKALIS, POLRES BENGKALIS, TNI KODIM 0303 BENGKALIS, DAMKAR BENGKALIS, dan Perangkat Kecamatan dan Desa beserta MPA dan Masyarakat. #PUSDATINBPBDBENGKALIS.

 posko utama siaga lapangan


Angka Kejadian COVID-19 di Kabupaten Bengkalis
Update Terakhir: Selasa, 29 September 2020 13:07:21 WIB
Tercatat di Dinas Kesehatan

1733

ODP PDP POSITIF

0

1511

222

Sumber : corona.bengkaliskab.go.id [Lihat Selengkapnya]

Tulis Komentar